Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Emulator Game itu Legal?

Apakah Emulator Game itu Legal?

Sebagian besar pemain game akan mengingat pengalaman awal mereka dengan emulator. Perangkat lunak ini ajaib, menerjemahkan perangkat keras dari konsol game terhebat dalam sejarah menjadi perangkat lunak yang dapat berjalan di PC Anda.

Gabungkan mereka dengan hal-hal kecil yang disebut ROM (video game yang disalin ke PC dari kartrid asli mereka), dan Anda memiliki akses ke hampir semua katalog belakang game dari NES hingga Xbox - meskipun rumor mengatakan emulator PS3 ada di dalamnya. pekerjaan.

Janji emulator dan ROM game begitu menggiurkan sehingga mudah untuk mengubur kepala Anda di pasir terkait legalitasnya. Ini semua yang perlu Anda ketahui.

Emulator Itu Sendiri Legal

Pertama, penting untuk menjelaskan bahwa emulator hanyalah perangkat lunak yang mereplikasi perangkat keras dari konsol tertentu. Jadi Project 64 adalah emulator N64, PCSX 2 adalah PS2, dan Dolphin adalah nama emulator GameCube. Perangkat lunak ini dibuat menggunakan proses rekayasa balik yang panjang untuk menguraikan cara kerja konsol tertentu.

Emulator itu sendiri legal, dan meskipun perusahaan game tertentu menjelaskan bahwa mereka tidak menyukainya, Anda dapat mendownload dan menginstalnya tanpa takut akan konsekuensi hukum. Kasus paling relevan terkait emulator adalah Sega vs. Accolade (1992), ketika rekayasa balik Accolade atas judul Genesis dianggap legal menurut undang-undang penggunaan wajar.

Apa yang Dikatakan oleh Perusahaan Video Game

Seperti yang bisa Anda bayangkan, penerbit game tidak terlalu tertarik pada emulator. Selain kasus di atas, emulator PS1 Bleem! menghadapi kemarahan Sony setelah terlalu vokal dalam pemasaran kekuatan emulator untuk memainkan ISO game PS1 (pada dasarnya ROM, tetapi untuk game berbasis CD). Sony meluncurkan gugatan, tetapi meskipun memimpin Bleem! bangkrut, mereka gagal memenangkan kasus tersebut.

Pada tahun 2009, Nintendo memenangkan gugatan terhadap perusahaan yang membuat perangkat yang memungkinkan orang untuk memainkan ROM Nintendo DS yang diunduh dari internet. Kembali pada tahun 2003, mereka berhasil menggugat perusahaan Hong Kong karena menjual perangkat yang mendukung game Game Boy ke PC.

Dengan semua itu, Nintendo tidak pernah meluncurkan kasus terhadap emulator konsol. Namun, mereka memiliki dokumen terperinci di situs mereka yang menjelaskan bahwa ROM ilegal dan bahwa emulator memfasilitasi penggunaannya dan merusak perusahaan (meskipun secara krusial berhenti menyebut emulator ilegal).

Jika Anda Sudah Memiliki Game

Salah satu mitos lama seputar ROM adalah bahwa jika Anda memiliki - atau pernah memiliki - versi asli gim tersebut, Anda dapat mengunduh ROM dari Internet. Tidak benar. Apa yang dapat Anda lakukan adalah membuat salinan cadangan game Anda di bawah Penggunaan Wajar jika game asli dihancurkan secara tidak sengaja. Anda tidak dapat mendistribusikan salinan atau ROM yang Anda buat.

Pada tahun 2006, DMCA membuat pengecualian atas ilegalitas memperoleh ROM (meskipun sedikit longgar), yang tampaknya mengatakan bahwa jika perangkat keras sudah usang dan "tidak tersedia secara wajar di pasar," maka Anda dapat menghindari perlindungan salinannya untuk melestarikan saya. Berikut informasi yang relevan dari DMCA:

Program komputer dan video game didistribusikan dalam format yang telah menjadi usang dan yang memerlukan media atau perangkat keras asli sebagai syarat akses, ketika pengelakan dilakukan untuk tujuan pelestarian atau reproduksi arsip dari karya digital terbitan oleh perpustakaan atau arsip. Suatu format akan dianggap kedaluwarsa jika mesin atau sistem yang diperlukan untuk membuat karya yang disimpan dalam format tersebut jelas tidak lagi diproduksi atau tidak lagi tersedia secara wajar di pasar komersial.

Cara Lain untuk Memiliki ROM Secara Legal

Secara teknis ada cara lain bagi Anda untuk memiliki ROM secara legal, tetapi pada kenyataannya hal itu tidak mungkin terjadi. Berikut kemungkinannya:

● Jika pemilik hak cipta telah secara eksplisit membuat game tersedia di domain publik.
● Jika hak cipta game sudah kedaluwarsa - 75 tahun sejak tanggal publikasi - dan belum diperpanjang (mengingat sebagian besar video game sudah berumur kurang dari 30 tahun, Anda harus menunggu lama).
● Jika ROM diberikan atau dijual kepada Anda oleh pemilik hak cipta.

Ada banyak nuansa dan hal-hal yang lebih baik untuk dipikirkan dengan emulator dan ROM video game, tetapi singkatnya Anda dapat mengunduh emulator tetapi Anda tidak dapat mengunduh ROM apa pun yang terjadi. Secara moral, apakah ada yang salah dengan mengunduh ROM dari game yang sudah Anda miliki daripada membuat salinan Anda sendiri? Nah, itu topik untuk hari lain. 

Posting Komentar untuk "Apakah Emulator Game itu Legal?"