Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Perbedaan Antara Persaingan Sempurna dan Persaingan Monopolistik

Apa Perbedaan Antara Persaingan Sempurna dan Persaingan Monopolistik

Istilah pasar dapat digambarkan sebagai tempat dimana pembeli dan penjual bertemu, secara langsung atau melalui dealer, untuk menyelesaikan transaksi.

Ada tiga jenis struktur pasar, yaitu persaingan sempurna, monopoli, dan persaingan tidak sempurna. Persaingan tidak sempurna lebih lanjut dapat terdiri dari dua jenis: Persaingan monopolistik dan oligopoli.

Dalam persaingan sempurna, produk yang dijual oleh perusahaan yang berbeda adalah identik, tetapi dalam persaingan monopolistik, perusahaan menjual produk yang mendekati produk pengganti.

Posisi ekuilibrium pasar ini dicapai dalam keadaan yang berbeda dan didasarkan pada pendapatan yang diperoleh dan biaya yang dikeluarkan. Dalam artikel yang diberikan kepada Anda, kami telah menyederhanakan perbedaan antara persaingan sempurna dan persaingan monopolistik.

Tabel Perbandingan


Dasar Perbandingan
Persaingan Sempurna
Persaingan Monopolistik
Pengertian
Struktur pasar, di mana ada banyak penjual yang menjual barang serupa kepada pembeli, adalah persaingan sempurna.
Persaingan Monopoli adalah struktur pasar, di mana ada banyak penjual, menjual barang substitusi yang dekat kepada pembeli.
Produk
Standar
Dibedakan
Harga
Ditentukan oleh permintaan dan kekuatan pasokan, untuk seluruh industri.
Setiap perusahaan menawarkan produk kepada pelanggan dengan harganya sendiri.
Masuk dan Keluar
Tidak ada penghalang
Beberapa hambatan
Kemiringan kurva permintaan
Horisontal, elastis sempurna.
Miring ke bawah, relatif elastis.
Hubungan antara AR dan MR
Pendapatan rata-rata (AR) = pendapatan marjinal (MR)
Pendapatan rata-rata (AR) > pendapatan marjinal (MR)
Situasi
Tidak realistis
Realistis

Definisi Persaingan Sempurna

Struktur pasar di mana terdapat banyak penjual di pasar, menawarkan barang serupa yang diproduksi dengan menggunakan metode standar dan setiap perusahaan memiliki informasi yang lengkap mengenai pasar dan harga, yang dikenal sebagai pasar persaingan sempurna. Masuk dan keluar ke pasar semacam itu gratis. Ini adalah situasi teoritis pasar, di mana persaingan berada di puncaknya.

Perusahaan adalah pengambil harga dalam struktur pasar ini, sehingga mereka tidak memiliki kebijakan harga sendiri. Pembeli dan penjual individu tidak memiliki kendali atas harga. Oleh karena itu, penjual harus menerima harga yang ditentukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran pasar dan menjual produk sebanyak mungkin dengan harga yang berlaku di pasar.

Karena produk yang ditawarkan untuk dijual identik dalam segala hal, tidak ada perusahaan yang dapat menaikkan harga daripada yang berlaku di pasar, karena jika perusahaan menaikkan harganya, maka ia akan kehilangan semua permintaan, kepada pesaing.

Definisi Persaingan Monopolistik

Persaingan Monopoli mengacu pada jenis struktur pasar, di mana jumlah penjual yang menjual produk yang serupa tetapi tidak persis sama, dalam jumlah besar. Produk atau jasa yang ditawarkan untuk dijual dalam persaingan monopolistik adalah pengganti yang erat satu sama lain.

Pasar seperti itu mengandung ciri-ciri monopoli dan persaingan sempurna dan ditemukan dalam situasi dunia nyata. Ciri-ciri yang menonjol dari persaingan monopolistik diberikan di bawah ini:

● Ini adalah kompetisi non-harga. Perusahaan adalah pembuat harga, sehingga setiap perusahaan memiliki kebijakan harga sendiri, dan dengan demikian penjual bebas membuat keputusan mengenai harga dan output, berdasarkan produk.
● Masuk dan keluar, masuk dan keluar dari industri itu mudah karena lebih sedikit hambatan.
● Diferensiasi produk terjadi dalam persaingan monopolistik, di mana produk dibedakan satu sama lain berdasarkan merek.
● Kurva permintaan yang sangat elastis.

Perbedaan Utama Antara Persaingan Sempurna dan Persaingan Monopolistik

Perbedaan mendasar antara persaingan sempurna dan persaingan monopolistik ditunjukkan dalam poin-poin berikut:

1. Struktur pasar, di mana ada banyak penjual yang menjual barang serupa kepada pembeli, adalah persaingan sempurna. Struktur pasar, di mana terdapat banyak penjual, menjual barang substitusi dekat kepada pembeli, adalah persaingan monopolistik.
2. Dalam persaingan sempurna, produk yang ditawarkan terstandarisasi sedangkan dalam persaingan monopolistik terdapat diferensiasi produk.
3. Dalam persaingan sempurna, kekuatan permintaan dan penawaran menentukan harga untuk seluruh industri dan setiap perusahaan menjual produknya pada harga tersebut.  Dalam persaingan monopolistik, setiap perusahaan menawarkan produk dengan harganya sendiri.
4. Masuk dan Keluar relatif mudah dalam persaingan sempurna daripada dalam persaingan monopolistik.
5. Kemiringan kurva permintaan berbentuk horizontal, yang menunjukkan permintaan elastis sempurna. Di sisi lain, dalam persaingan monopolistik, kurva permintaan memiliki kemiringan ke bawah yang merepresentasikan permintaan yang relatif elastis.
6. Kurva pendapatan rata-rata (AR) dan pendapatan marjinal (MR) bertepatan satu sama lain dalam persaingan sempurna. Sebaliknya, dalam persaingan monopolistik, pendapatan rata-rata lebih besar daripada pendapatan marjinal, yaitu untuk meningkatkan penjualan perusahaan harus menurunkan harganya.
7. Persaingan sempurna adalah situasi imajiner yang tidak ada dalam kenyataan. Berbeda dengan persaingan monopolistik, yang ada secara praktis.

Setelah menelaah poin-poin di atas, cukup jelas bahwa persaingan sempurna dan persaingan monopolistik adalah berbeda, di mana persaingan monopolistik memiliki ciri-ciri baik monopoli maupun persaingan sempurna.

Perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa dalam kasus persaingan sempurna, perusahaan adalah pengambil harga, sedangkan dalam persaingan monopolistik perusahaan adalah pembuat harga. 

Posting Komentar untuk "Apa Perbedaan Antara Persaingan Sempurna dan Persaingan Monopolistik"