Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Kerja Internet?

Bagaimana Cara Kerja Internet?

 Meskipun Internet masih merupakan teknologi yang masih muda, sulit membayangkan hidup tanpanya sekarang. Setiap tahun, para insinyur membuat lebih banyak perangkat untuk diintegrasikan dengan Internet. Jaringan jaringan ini melintasi dunia dan bahkan meluas ke luar angkasa. Tapi apa yang membuatnya berhasil?.

 Untuk memahami Internet, ada baiknya untuk melihatnya sebagai sistem dengan dua komponen utama. Komponen pertama adalah perangkat keras. Itu mencakup segala sesuatu mulai dari kabel yang membawa terabit informasi setiap detik hingga komputer yang ada di depan Anda.

 Jenis perangkat keras lain yang mendukung Internet termasuk router, server, menara ponsel, satelit, radio, ponsel cerdas, dan perangkat lain. Semua perangkat ini bersama-sama membuat jaringan jaringan. Internet adalah sistem yang dapat ditempa ia berubah sedikit ketika elemen bergabung dan meninggalkan jaringan di seluruh dunia. Beberapa elemen tersebut mungkin tetap cukup statis dan menjadi tulang punggung Internet. Lainnya lebih perifer.

 Elemen-elemen ini adalah koneksi. Beberapa adalah titik akhir komputer, ponsel cerdas, atau perangkat lain yang Anda gunakan untuk membaca ini dapat dihitung sebagai satu. Kami menyebut klien titik akhir itu. Mesin yang menyimpan informasi yang kami cari di Internet adalah server.

 Elemen lainnya adalah node yang berfungsi sebagai titik penghubung di sepanjang rute lalu lintas. Dan kemudian ada jalur transmisi yang bisa berbentuk fisik, seperti dalam kasus kabel dan serat optik, atau bisa juga sinyal nirkabel dari satelit, telepon seluler atau menara 4G, atau radio.

 Semua perangkat keras ini tidak akan membuat jaringan tanpa komponen kedua dari Internet: protokol. Protokol adalah sekumpulan aturan yang diikuti mesin untuk menyelesaikan tugas. Tanpa seperangkat protokol umum yang harus diikuti oleh semua mesin yang terhubung ke Internet, komunikasi antar perangkat tidak dapat terjadi.

 Berbagai mesin tidak akan dapat memahami satu sama lain atau bahkan mengirim informasi dengan cara yang berarti. Protokol menyediakan metode dan bahasa umum yang digunakan mesin untuk mengirimkan data.

 Kita akan melihat lebih dekat pada protokol dan bagaimana informasi menyebar di Internet pada halaman berikutnya.

Masalah Protokol


 Anda mungkin pernah mendengar tentang beberapa protokol di Internet. Misalnya, protokol transfer hypertext adalah apa yang kita gunakan untuk melihat situs Web melalui browser, itulah singkatan dari http di depan alamat Web mana pun.

 Jika Anda pernah menggunakan server FTP, Anda mengandalkan protokol transfer file. Protokol seperti ini dan puluhan lainnya membuat kerangka kerja di mana semua perangkat harus beroperasi untuk menjadi bagian dari Internet.

 Dua dari protokol terpenting adalah protokol kontrol transmisi (TCP) dan protokol Internet (IP). Kami sering mengelompokkan keduanya di sebagian besar diskusi tentang protokol Internet, Anda akan melihatnya terdaftar sebagai TCP/IP.

 Apa yang dilakukan protokol ini? Pada tingkat paling dasar, protokol ini menetapkan aturan tentang bagaimana informasi melewati Internet. Tanpa aturan ini, Anda memerlukan koneksi langsung ke komputer lain untuk mengakses informasi yang mereka pegang. Anda juga membutuhkan komputer dan komputer target untuk memahami bahasa yang sama.

 Anda mungkin pernah mendengar tentang alamat IP. Alamat ini mengikuti protokol Internet. Setiap perangkat yang terhubung ke Internet memiliki alamat IP. Ini adalah bagaimana satu mesin dapat menemukan mesin lain melalui jaringan besar.

 Versi IP yang kebanyakan kita gunakan saat ini adalah IPv4, yang didasarkan pada sistem alamat 32-bit. Ada satu masalah besar dengan sistem ini. Kita kehabisan alamat. Itulah mengapa Internet Engineering Task Force (IETF) memutuskan kembali pada tahun 1991 bahwa perlu mengembangkan versi baru IP untuk membuat alamat yang cukup untuk memenuhi permintaan. Hasilnya adalah IPv6, sistem alamat 128-bit. Itu alamat yang cukup untuk mengakomodasi permintaan akses Internet yang meningkat di masa mendatang [sumber: Opus One].

 Saat Anda ingin mengirim pesan atau mengambil informasi dari komputer lain, protokol TCP/IP adalah yang memungkinkan transmisi. Permintaan Anda keluar melalui jaringan, mencapai server nama domain (DNS) di sepanjang jalan untuk menemukan server target. DNS mengarahkan permintaan ke arah yang benar.

 Setelah server target menerima permintaan tersebut, ia dapat mengirim tanggapan kembali ke komputer Anda. Data tersebut mungkin menempuh jalur yang sama sekali berbeda untuk kembali kepada Anda. Pendekatan fleksibel untuk transfer data ini adalah bagian dari apa yang membuat Internet menjadi alat yang ampuh.

Mari kita lihat lebih dekat bagaimana informasi menyebar di Internet.

Paket


 Untuk mendapatkan kembali artikel ini, komputer Anda harus terhubung dengan server Web yang berisi file artikel. Kami akan menggunakannya sebagai contoh bagaimana data berjalan di seluruh Internet.

 Pertama, Anda membuka browser Web Anda dan terhubung ke situs Web kami. Saat Anda melakukan ini, komputer Anda mengirimkan permintaan elektronik melalui koneksi Internet Anda ke penyedia layanan Internet (ISP) Anda. ISP mengarahkan permintaan ke server yang lebih jauh dari rantai di Internet. Akhirnya, permintaan tersebut akan mencapai server nama domain (DNS).
 
 Server ini akan mencari kecocokan untuk nama domain yang Anda ketikkan (seperti www.tamboenman.eu.org). Jika menemukan kecocokan, permintaan Anda akan diarahkan ke alamat IP server yang sesuai. Jika tidak menemukan kecocokan, itu akan mengirim permintaan lebih jauh ke rantai ke server yang memiliki lebih banyak informasi.

 Permintaan tersebut pada akhirnya akan masuk ke server Web kami. Server kami akan merespon dengan mengirimkan file yang diminta dalam serangkaian paket. Paket adalah bagian dari file yang berkisar antara 1.000 dan 1.500 byte.

 Paket memiliki header dan footer yang memberi tahu komputer apa yang ada di dalam paket dan bagaimana informasi tersebut cocok dengan paket lain untuk membuat seluruh file. Setiap paket melakukan perjalanan kembali ke jaringan dan turun ke komputer Anda. Paket tidak selalu mengambil jalur yang sama, mereka umumnya akan menempuh jalur yang paling tidak resisten.

 Itu fitur penting. Karena paket dapat menempuh beberapa jalur untuk sampai ke tujuan mereka, mungkin saja informasi untuk merutekan area yang padat di Internet. Faktanya, selama beberapa koneksi tetap ada, seluruh bagian Internet bisa mati dan informasi masih bisa berpindah dari satu bagian ke bagian lain, meski mungkin butuh waktu lebih lama dari biasanya.

 Ketika paket sampai kepada Anda, perangkat Anda mengaturnya sesuai dengan aturan protokol. Ini seperti menyusun teka-teki gambar. Hasil akhirnya adalah Anda melihat artikel ini.

 Ini juga berlaku untuk jenis file lain. Saat Anda mengirim email, email akan dipecah menjadi beberapa paket sebelum diperbesar di Internet. Panggilan telepon melalui Internet juga mengubah percakapan menjadi paket menggunakan protokol suara melalui Internet (VoIP). Kita berterima kasih kepada perintis jaringan seperti Vinton Cerf dan Robert Kahn untuk protokol ini, pekerjaan awal mereka membantu membangun sistem yang dapat diskalakan dan kuat.

 Begitulah cara kerja Internet secara singkat. Saat Anda melihat lebih dekat pada berbagai perangkat dan protokol, Anda akan melihat bahwa gambarannya jauh lebih kompleks daripada gambaran umum yang kami berikan. 

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Kerja Internet?"