Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Bitcoin Bekerja

Bagaimana Bitcoin Bekerja

 Ini seperti uang ... dan ini seperti gelembung finansial. Ini Bitcoin, dan mungkin memberi kita gambaran sekilas tentang uang masa depan. Bitcoin adalah jenis mata uang virtual yang dihidupkan oleh internet, komputer yang sangat kuat, dan kemauan banyak orang yang ingin merangkul bentuk baru pertukaran moneter.

 Bitcoin memiliki beberapa kesamaan dengan mata uang dunia nyata, terutama penerimaannya yang semakin meningkat sebagai bentuk pembayaran dengan semakin banyak pedagang, pengecer, dan individu, baik online maupun offline. Anda dapat membeli produk Microsoft dengan Bitcoin, membeli tiket pesawat melalui Expedia, atau membeli kartu hadiah ke superstore seperti Walmart.

 Namun Bitcoin juga sangat berbeda dari mata uang tradisional. Tidak seperti dolar atau pound, Bitcoin tidak didukung oleh pemerintah mana pun. Ini adalah bentuk uang yang sepenuhnya terdesentralisasi.

 Bitcoin tidak terkait dengan sistem bank sentral atau otoritas penerbit apa pun, dan itu adalah bagian besar dari daya tariknya, alih-alih ditelan ke dalam sistem yang sering dinodai oleh keserakahan dan manipulasi manusia, mata uang ini ada di dunia online yang didorong oleh matematika dan protokol enkripsi yang cerdas.

 Anda dapat menggunakan Bitcoin untuk semua jenis transaksi nyata. Untuk melakukannya, pertama-tama Anda membeli bitcoin sesuka Anda, baik melalui kartu kredit, rekening bank, atau bahkan secara anonim dengan uang tunai.

 Kemudian bitcoin Anda ditransfer langsung ke dompet Bitcoin Anda, dan Anda dapat mengirim dan menerima pembayaran langsung ke pembeli atau penjual tanpa memerlukan perantara, seperti bank atau perusahaan kartu kredit.

 Dengan melewatkan perantara dalam transaksi, Anda membayar jauh lebih sedikit biaya terkait. Setiap pihak dalam kesepakatan juga dapat mempertahankan tingkat anonimitas yang jauh lebih tinggi, yang memiliki pro dan kontra bagi semua orang yang terlibat. Pikirkan Bitcoin sebagai padanan digital dari transaksi tunai. Jika Anda sangat ingin, ini adalah cara berbisnis yang hampir tidak dapat dilacak.

 Menghabiskan atau menerima Bitcoin semudah mengirim email, dan Anda dapat menggunakan komputer atau ponsel cerdas Anda. Kesederhanaan itu memungkiri fakta bahwa ada banyak matematika rumit yang melindungi semua transaksi ini untuk menjaga keabsahan dan keamanannya.

 Teruslah membaca untuk melihat lebih banyak tentang kebangkitan misterius Bitcoin, serta cara kerja bagian dalam jaringan yang membuat apa yang disebut "cryptocurrency" ini tetap hidup dan berkembang.

Sejarah Bitcoin

 Asal-usul Bitcoin adalah legenda internet. Pada tahun 2008, seseorang (atau beberapa orang) yang bekerja dengan nama samaran Satoshi Nakamoto menerbitkan dokumen yang menguraikan kelayakan konsep Bitcoin.

 Nakamoto menyebutkan krisis keuangan 2008 serta kegagalan mata uang yang didukung pemerintah dan korupsi sistem perbankan yang ada sebagai faktor pendorong untuk menciptakan mata uang baru.

 Bitcoin, menurut penciptanya, akan menjadi bentuk uang yang lebih murni, bekerja untuk warga negara biasa di dunia alih-alih dimanfaatkan untuk melawan mereka oleh kekuatan yang ada.

 Pada tahun 2009, Nakamoto merilis aplikasi Bitcoin pertama, dan juga "menambang" bitcoin pertama untuk diedarkan. Maka itu hanya masalah menyebarkan berita tentang mata uang baru ini.

 Untuk menggunakan Bitcoin, Anda memerlukan dompet Bitcoin, yang mengenkripsi dan memelihara saldo bitcoin Anda di komputer, ponsel cerdas, atau di cloud. Kemudian Anda dapat mengisi dompet Anda dengan bitcoin dengan menggunakan rekening bank, kartu kredit, atau bentuk pembayaran lainnya.

 Setelah itu, tinggal mencari vendor yang akan menerima Bitcoin sebagai pembayaran. Meskipun hasil yang didapat sedikit ketika Bitcoin pertama kali diluncurkan, belakangan ini ada banyak pedagang yang menerima koin bermodel baru ini. Itu termasuk restoran, toko pakaian, dokter gigi, dan banyak lainnya.

 Beberapa orang bahkan menggunakan Bitcoin untuk sewa properti dan pembelian kendaraan. Situs web kartu hadiah Gyft menerima pembayaran dalam Bitcoin, memungkinkan Anda mengubah Bitcoin menjadi kredit toko yang dapat digunakan di setiap pengecer dan restoran besar di Amerika.

 Jika Anda mengikuti berita keuangan sama sekali, Anda sudah tahu bahwa Bitcoin tidak hanya digunakan untuk barang dan jasa. Banyak hype seputar Bitcoin berpusat di sekitar spekulasi.

 Artinya, orang-orang menggunakan pertukaran mata uang online seperti Coinbase untuk menginvestasikan dolar dan yen dunia nyata mereka dalam Bitcoin dengan harapan yang terakhir akan menghargai nilainya. Kekayaan telah dibuat (dan diserahkan) karena nilai Bitcoin telah merosot di seluruh grafik.

 Tetapi bagaimana mata uang virtual yang tidak terlihat ini memiliki begitu banyak kekuatan finansial? Bagaimana jenis uang baru bisa menjadi konsep yang bisa diterapkan? Nah, ini rumit. Teruslah membaca dan Anda akan melihat bagaimana Bitcoin menjadi hidup.

Satu Koin Rumit

 Bitcoin tidak seperti emas. Tidak ada yang bisa menggalinya dari dalam tanah. Mereka juga tidak seperti uang kertas. Tidak ada otoritas pusat yang mencetak uang kertas Bitcoin nyata yang sulit untuk dipalsukan untuk diedarkan. Sebaliknya, Bitcoin bergantung sepenuhnya pada jaringan komputer yang terdesentralisasi dan beberapa prestasi kriptografi yang luar biasa.

 Sebagai permulaan, pahami bahwa seluruh sistem Bitcoin berjalan di jaringan P2P (peer-to-peer). Arsitektur P2P ini mirip dengan jaringan berbagi file seperti yang memungkinkan orang secara bebas mendistribusikan semua jenis data, termasuk musik berhak cipta, film, dan lainnya. Ini adalah sistem yang tangguh.

 Dengan kata lain, tidak ada hub komputer pusat yang menjalankan semua proses terkait Bitcoin. Sebaliknya, setiap komputer pengguna Bitcoin adalah bagian dari jaringan, yang secara kolektif berbagi beban komputasi untuk menghasilkan bitcoin dan mencatat transaksi mereka. Sifat terdesentralisasi inilah yang membuat Bitcoin kebal (sejauh ini) dari campur tangan pemerintah, bebas dari regulasi dan pemantauan.

 Sebelum siapa pun dapat menggunakan bitcoin, koin harus ditambang dengan apa yang disebut proses penambangan Bitcoin. Komputer mana pun dapat mulai menambang bitcoin dengan menggunakan aplikasi penambangan gratis. Penambangan memerlukan seluruh jaringan komputer peserta Bitcoin untuk melakukan sejumlah pekerjaan sebelum diberi imbalan bitcoin.

 Pada dasarnya, pekerjaan itu berarti banyak sekali angka-angka dan rampasan pergi ke pemilik komputer yang melengkapi rangkaian angka-angka yang ada. Beberapa orang menginvestasikan ribuan dolar di komputer yang sangat kuat hanya untuk menambang bitcoin. Penambangan telah menjadi perlombaan senjata komputasi, dan hanya mereka yang terdepan yang berdiri untuk mendapatkan apa pun yang menghalangi keuntungan.

 Jumlah pasti pekerjaan yang dibutuhkan bervariasi. Jaringan menyesuaikan beban kerja tersebut sehingga jumlah bitcoin meningkat dengan kecepatan yang telah ditentukan sebelumnya. Ini akan terus berlanjut hingga jumlah bitcoin yang beredar mencapai jumlah akhirnya, yaitu 21 juta.

 Saat ini, proses penambangan menghasilkan 25 bitcoin setiap 10 menit. Setiap empat tahun, jumlah koin yang dapat ditambang akan dikurangi setengahnya, sampai batas koin tercapai pada tahun 2140. Setelah itu, jumlah bitcoin yang beredar akan statis.

 Seperti yang kami jelaskan, Anda memegang bitcoin Anda sendiri di dompet digital. Saat Anda mengirim atau menerima koin, koin tersebut diverifikasi dengan tanda tangan digital, yang disebut kunci enkripsi publik, yang mencegah pemalsuan dan membuat koin dapat dikenali ke jaringan. Sebenarnya, Anda tidak memiliki bitcoin aktual di dompet Anda, hanya kunci enkripsi publik yang terkait dengan setiap transaksi Bitcoin Anda.

 Salah satu fitur utama Bitcoin dan semua mata uang virtual adalah bahwa jaringan terdesentralisasi membagikan buku besar terbuka (disebut blockchain) dari semua transaksi Bitcoin. Blockchain menyediakan cara tepercaya dan redundan untuk mempertahankan jumlah bitcoin yang beredar.

 Semua ini berfungsi berkat kode sumber terbuka Bitcoin yang cerdik (yaitu, dapat dilihat oleh semua orang). Perangkat lunak sumber terbuka biasanya digunakan oleh pemrogram yang menentang pengambilan keuntungan dan kontrol perusahaan.

 Setiap programmer yang terampil dapat melihat cara kerja pemrograman Bitcoin, dan tidak apa-apa, bukan kode yang melindungi transaksi. Sebaliknya, itu adalah buku besar blockchain bersama yang memverifikasi keabsahan setiap transfer.

Sebuah Pertanyaan Tentang Uang

 Setelah Anda memiliki simpanan Bitcoin di dompet Anda, Anda dapat meninggalkannya di sana dan berharap nilainya meningkat. Atau Anda dapat menguangkannya ke dalam mata uang lokal.

 Jika Anda menyimpan Bitcoin di komputer Anda, penting untuk diingat bahwa tidak ada perusahaan pusat yang memiliki cadangan dompet Anda. Itu berarti Anda harus membuat catatan cadangan saldo Anda.

 Yang terbaik adalah menyimpan catatan itu di perangkat seperti drive memori flash yang dapat Anda simpan di lokasi yang aman. Jika tidak, jika hard drive Anda mati dan mengambil dompet Anda bersamanya, Anda akan kehilangan tabungan Bitcoin Anda.

 Opsi lainnya adalah menggunakan dompet Bitcoin online yang menyimpan semua kunci enkripsi Anda di cloud. Keuntungan dari dompet online adalah Anda tidak perlu khawatir terus-menerus mencadangkan data Anda, tetapi sisi negatifnya adalah Anda meletakkan keamanan Bitcoin Anda di tangan pihak ketiga. Jika mereka kehilangan kunci Anda, tidak ada cara untuk mendapatkan Bitcoin Anda kembali.

 Transaksi Bitcoin tidak dapat diubah dan umumnya cepat, tetapi tidak instan seperti kartu kredit. Karena proses verifikasi Bitcoin harus membagikan data terkait transaksi dengan seluruh jaringan, terkadang Anda akan menunggu beberapa menit sebelum pembayaran selesai.

 Keuntungan besar dari Bitcoin adalah kurangnya biaya transaksi. Karena tidak ada peraturan nasional atau internasional untuk Bitcoin, Anda dapat mentransfer mata uang virtual ke dalam atau ke luar negara mana pun tanpa biaya transfer yang curam seperti yang dibebankan bank dan layanan seperti Western Union. Dan karena sistem tidak memiliki otoritas yang mengatur, akun Anda tidak memiliki batasan dan tidak akan pernah bisa dibekukan.

 Pada titik inilah banyak orang bertanya-tanya tentang keabsahan Bitcoin. Bagaimana mata uang bisa muncul dalam semalam di internet dan memiliki nilai sebenarnya? Para ekonom mungkin menawarkan penjelasan filosofis yang panjang tentang sejarah uang, tetapi jawaban singkatnya adalah: semua mata uang memiliki nilai hanya karena orang percaya bahwa mereka memiliki nilai.

 Bitcoin tidak berbeda dalam hal itu. Ini telah dipeluk oleh aktivis yang berpikiran libertarian, spekulan keuangan dan orang-orang yang tidak lagi mempercayai sistem perbankan yang didukung pemerintah. Orang-orang ini mempercayai matematika dan enkripsi sistem Bitcoin, dan kepercayaan mereka telah terbukti menular, memberikan lebih banyak legitimasi ke mata uang virtual ini.

Lebih dari Sedikit Menakutkan

 Bitcoin perlahan mendapatkan lebih banyak legitimasi. Tapi, ada masalah orang benar-benar mempercayai mata uang. Dan di situlah mata uang baru ini menjadi menakutkan. Spekulasi yang merajalela telah mengubah penilaian Bitcoin menjadi perjalanan roller coaster yang menegangkan.

 Pada tahun 2010, satu unit 1 bitcoin hanya bernilai beberapa sen. Selama beberapa tahun berikutnya, nilai Bitcoin naik dan turun dari ratusan dolar menjadi hanya segelintir. Tapi tidak ada investor yang cukup siap untuk 2017, di mana spekulasi liar Bitcoin mendorong harga satu bitcoin dari kurang dari $ 1.000 menjadi lebih dari $ 16.000 [sumber: Russo].

 Bagi banyak pengamat, lonjakan popularitas dan harga Bitcoin terlihat sangat mirip dengan dot-com dan gelembung perumahan. Para ekonom memperingatkan bahwa gelembung Bitcoin, seperti semua gelembung lainnya, pada akhirnya akan meledak dan mengambil banyak keuntungan bersamanya. Dari sudut ini, Bitcoin terdengar seperti mata uang yang dibangun hanya untuk pengisap dan spekulan.

 Ada juga fakta bahwa pertukaran mata uang online terus menjadi pusat sebagian besar transfer Bitcoin. Pertukaran diperlukan, tentu saja, karena mereka membantu Anda mengonversi Bitcoin ke dan dari mata uang lokal. Namun, dalam sistem yang seharusnya terdesentralisasi, pertukaran ini menawarkan target yang bagus bagi regulator pemerintah dan peretas komputer jahat.

 Peretas, misalnya, mungkin belum dapat memanfaatkan teknologi blockchain Bitcoin yang elegan untuk membuat koin palsu atau transaksi curang. Tetapi mereka pasti dapat menyerang bursa, yang sama rentannya dengan jenis situs web lainnya.

 Dalam satu insiden yang dipublikasikan secara luas, peretas meluncurkan serangan DDoS (penolakan layanan terdistribusi) di bursa populer Mt. Gox pada tahun 2014, yang mengakibatkan hilangnya 850.000 bitcoin [sumber: Gibbs]. Kekacauan pun terjadi dan nilai Bitcoin anjlok.

 Bitcoin jelas merupakan aset berisiko tinggi. Dan seperti yang akan Anda lihat, ada potensi kerugian lain pada sistem Bitcoin.

Aktivitas Ekstralegal Bitcoin

 Jika Bitcoin tampak agak anarkis, ya, itu memang benar. Bitcoin menghindari paradigma tradisional di mana regulator pemerintah mengontrol dan memanipulasi jumlah uang beredar.

 Dengan Bitcoin, orang-orang di seluruh dunia dapat terlibat dalam perjudian online, yang sangat tidak disetujui oleh pemerintah federal AS. Bitcoin juga sangat terkenal dan tidak dapat ditarik kembali terkait dengan Silk Road, situs web pasar gelap tempat orang dapat membeli apa saja secara anonim, termasuk obat-obatan terlarang. Silk Road yang asli ditutup pada tahun 2013 dan pendirinya dijatuhi hukuman penjara seumur hidup, tetapi banyak pasar bergaya Silk Road yang bermunculan di dark web [sumber: Greenberg].

 Reputasi Bitcoin dirusak oleh asosiasi awal ini dengan Silk Road dan jaringan kriminal lainnya. Laporan media sering menyoroti peran Bitcoin di web gelap. Butuh penculik atau senjata sewaan? Bagaimana dengan beberapa gambar musuh politik Anda yang membahayakan? Dengan Bitcoin yang cukup dan beberapa pekerjaan investigasi, Anda berpotensi menemukan orang yang tepat untuk pekerjaan apa pun [sumber: Buterin].

 Tetapi karena semakin banyak cryptocurrency memasuki pasar, para penjahat semakin tidak bergantung pada Bitcoin. Faktanya, anonimitas Bitcoin yang banyak digembar-gemborkan dapat dikompromikan oleh penegak hukum, mendorong lebih banyak penjahat dunia maya untuk beralih ke mata uang yang sepenuhnya dienkripsi seperti monero dan dasbor [sumber: Cheng].

 Anonimitas relatif dari Bitcoin dan mata uang kripto lainnya juga merupakan keuntungan untuk penggelapan pajak. Secara tradisional, menyembunyikan aset Anda di beberapa akun luar negeri membutuhkan kerja keras yang nyata.

 Dengan Bitcoin, Anda berpotensi dapat menyimpan jutaan dolar di dompet digital Anda dengan aman dari pandangan semua pemungut pajak, dan Anda dapat menyelesaikan proses ini hanya dalam satu sore.

 Pemerintah dan warga yang peduli jelas mempermasalahkan jenis kejahatan internet curang ini. Pemerintah tidak ingin warganya berhemat pada pajak, dan lembaga penegak obat mereka tidak senang orang menemukan cara-cara teknologi tinggi untuk menghindari hukum mereka.

 Terlepas dari masalah hukum atau etika semacam ini, dan meskipun nilainya sangat tidak dapat diprediksi, Bitcoin tetap bertahan. Hal itu membuat banyak ekonom dan konsumen bertanya-tanya apa yang akan terjadi untuk masa depan mata uang.

Bitcoin Hanyalah Permulaan

 Puncak dan lembah tajam dalam nilai Bitcoin adalah tanda peringatan yang jelas bahwa cryptocurrency baru ini sama sekali tidak stabil. Sampai lebih banyak orang benar-benar menggunakan mata uang untuk membeli sesuatu, sebagai lawan berspekulasi dalam mata uang itu sendiri, sulit untuk mengatakan peran apa yang akan dimainkan Bitcoin dalam ekonomi masa depan.

 Apakah dunia benar-benar siap untuk membuang kertas dan koin kita yang berusia berabad-abad, sistem moneter yang didukung pemerintah untuk mata uang digital murni? Atau akankah teknologi blockchain di balik Bitcoin terbukti lebih revolusioner daripada mata uang itu sendiri?

 Keberhasilan Bitcoin sebagai komoditas spekulatif telah membuka pintu air bagi ratusan cryptocurrency baru, masing-masing bersaing untuk mendapatkan ceruk di pasar. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, beberapa membedakan diri mereka dengan enkripsi dan anonimitas yang dalam. Yang lain membanggakan kecepatan pemrosesan transaksi yang lebih cepat. Tetapi alternatif Bitcoin yang paling menjanjikan hingga saat ini adalah sesuatu yang disebut Ethereum.

 Ethereum bukanlah mata uang murni daripada platform keuangan layanan lengkap. Tidak seperti Bitcoin, Anda tidak dapat menggunakan mata uang Ethereum (disebut eter) untuk membeli barang di dunia nyata. Kekuatan sebenarnya dari Ethereum berasal dari teknologi blockchain generasi berikutnya dan bahasa pemrograman yang kuat.

 Ekonom sangat senang dengan potensi Ethereum untuk mengantarkan era "uang yang dapat diprogram" dan "kontrak pintar" yang berjalan pada cryptocurrency. Sekali lagi, teknologi blockchain yang mendasarinya mungkin merupakan pengubah permainan, bukan mata uang itu sendiri.

 Baik itu Bitcoin, monero, dolar atau euro, ekonomi global kita mengharuskan kita semua untuk mempercayai sistem mata uang yang masuk akal. Mungkin masa depan uang akan jauh lebih lancar, dengan transaksi elektronik diproses pada blockchain yang aman dan terdesentralisasi dalam setiap mata uang yang dapat dibayangkan.

 Tetapi sebelum itu terjadi, Bitcoin dan mata uang kripto lainnya perlu mengatasi masalah energi mereka. Semua daya komputasi yang diperlukan untuk menambang dan memverifikasi Bitcoin meninggalkan jejak karbon yang sangat besar. Pengawas lingkungan menghitung bahwa satu transaksi Bitcoin menghabiskan energi sebanyak sembilan rumah AS yang terbakar dalam sehari penuh [sumber: Digiconomist]. 

1 komentar untuk "Bagaimana Bitcoin Bekerja"

  1. Casino & Sportsbook – Las Vegas - Goyang
    With 5,000 slot machines, 500 피망 포커 다운 slot machines, a golf course, live entertainment, restaurants, and shopping, Goyang 토토 검증 먹튀 랭크 Casino boasts an 1xbet 18000 저녁밥추천 square foot gaming 스포츠 무료중계 floor.

    BalasHapus

1. Relevan (Tidak Out of Topic).
2. Sopan, jangan meninggalkan komentar SPAM di blog saya.
3. Jangan menggunakan bahasa kasar atau SARA.
4. Berilah masukan yang membangun kecerdasan berpikir.
Terima kasih atas perhatiannya!