Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki "Periksa Koneksi Anda dan Coba Lagi" di Google Play Store

Cara Memperbaiki "Periksa Koneksi Anda dan Coba Lagi" di Google Play Store

 Jika Anda tidak dapat terhubung ke Google Play Store meskipun Anda yakin tidak ada masalah dengan jaringan Anda, coba perbaikan yang tidak biasa ini.

 Sebagai pengguna Android, Anda mungkin mengalami masalah aplikasi dan gangguan sistem operasi. Dan salah satu area masalah yang lebih umum adalah Google Play Store.

 Jika Anda terus melihat "Periksa koneksi Anda dan coba lagi" di Play Store, Asisten Google, atau aplikasi lain, coba metode berikut untuk memperbaikinya. Langkah-langkah ini seharusnya berfungsi pada sebagian besar versi Android di luar sana.

Perbaiki Pengaturan Tanggal dan Waktu yang Salah

 Agar berfungsi dengan baik, banyak aplikasi mengharuskan ponsel Anda mengonfigurasi pengaturan tanggal dan waktu dengan benar.

 Anda harus memeriksa dan mengoreksi setelan tanggal dan waktu Anda, jika belum, dengan langkah-langkah berikut:

1. Buka Pengaturan, ketuk Sistem, dan pilih Tanggal & waktu.
2. Nyalakan sakelar untuk Gunakan opsi waktu yang disediakan jaringan dan Gunakan opsi zona waktu yang disediakan jaringan.

Pengaturan Tanggal dan Waktu

Ponsel Anda sekarang harus menampilkan tanggal dan waktu yang benar.

 Jika itu tidak menyelesaikan masalah, konfigurasikan tanggal dan waktu empat tahun ke depan, buka Play Store, tutup Play Store, lalu gunakan opsi tanggal dan waktu otomatis. Solusi ini mungkin membantu memperbaiki masalah.

Hapus File Host

 Ponsel Anda menggunakan file yang disebut host untuk menentukan cara Anda terhubung ke berbagai layanan di internet. Terkadang, file ini bermasalah dan ini menyebabkan banyak layanan tidak berfungsi di ponsel Anda, termasuk Google Play Store.

 Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menghapus file host ini dari ponsel Anda. Ini seharusnya tidak berdampak negatif pada perangkat Anda, dan ini berpotensi memperbaiki masalah Anda.

 Anda memerlukan ponsel yang telah di-root, lalu ikuti langkah-langkah berikut untuk menghapus file host:

1. Instal aplikasi root explorer gratis seperti Solid Explorer File Manager (Anda dapat melakukan sideload aplikasi ini di perangkat Android Anda).
2. Buka aplikasi, ketuk menu di bagian atas, dan pilih ikon roda gigi.
3. Aktifkan opsi Show root storage, lalu kembali ke antarmuka utama.
4. Pilih Root dari sidebar, dan buka folder dll di sebelah kanan.
5. Temukan file bernama host dan hapus.

Hapus File Host

Ubah DNS Server

 Mungkin ada masalah dengan server DNS Anda sehingga ponsel Anda tidak dapat menyelesaikan alamat IP. Ini dapat mencegah Anda mengakses berbagai layanan online.

 Salah satu cara untuk memperbaikinya adalah dengan mengubah server DNS Anda. Anda dapat beralih ke DNS Publik Google yang selalu online.

Berikut cara Anda mengonfigurasi server DNS tersebut di ponsel Anda:

1. Buka Pengaturan > Wi-Fi & jaringan > Wi-Fi, dan ketuk ikon roda gigi di sebelah jaringan Wi-Fi Anda.
2. Ketuk ikon edit di bagian atas.
3. Perluas opsi Lanjutan dan pilih Statis dari menu pengaturan IP.
4. Masukkan 8.8.8.8 di DNS 1 dan 8.8.4.4 di DNS 2.
5. Masukkan IP khusus di bidang alamat IP, dan ketuk Simpan.

Ubah DNS Server

Buka Play Store dan lihat apakah masalah "Periksa Koneksi Anda dan Coba Lagi" telah hilang.

Gunakan Aplikasi Google Lainnya

 Google Play Store menampilkan "Periksa Sambungan Anda dan Coba Lagi" karena ponsel Anda tidak dapat terhubung ke server Google.

 Ketika masalah seperti ini muncul, satu hal yang dapat Anda lakukan adalah memaksa koneksi ke server Google. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan aplikasi Google lain di ponsel Anda, dan ini akan memulai dan membuat sambungan ke server Google.

 Metode ini mungkin berhasil atau tidak, tetapi tidak ada salahnya mencobanya. Anda dapat menggunakan metode ini dengan membuka aplikasi Google, seperti Google Maps, dan menjelajahi beberapa peta.

Kemudian, buka Google Play Store dan lihat apakah itu berfungsi.

Hapus Cache Dan Data Untuk Google Play Store

 Seperti aplikasi lain, Google Play Store juga menyimpan cache dan file data di perangkat Anda. Anda dapat menghapus file-file ini untuk melihat apakah ini memperbaiki masalah Anda.

Berikut cara melakukannya:

1. Buka Pengaturan > Aplikasi & pemberitahuan > Google Play Store di perangkat Anda.
2. Ketuk Penyimpanan & cache, lalu ketuk Hapus cache diikuti dengan Hapus penyimpanan.

Hapus Cache Dan Data Untuk Google Play Store

 Ini akan mengatur ulang setiap perubahan yang Anda buat di Pengaturan, jadi Anda harus menerapkannya kembali saat Anda meluncurkan aplikasi di lain waktu.

Nonaktifkan VPN Anda

 VPN merutekan koneksi internet Anda dan terkadang hal ini menghalangi ponsel Anda dan server Google Play Store. Jika Anda menggunakan VPN di Android, matikan layanan dan buka Play Store.

 Meskipun tidak ada jaminan bahwa menonaktifkan VPN akan memperbaiki masalah "Periksa Koneksi Anda dan Coba Lagi", Anda dapat mencobanya dan melihat apakah berhasil.

Hapus Akun Google Anda Dan Tambahkan Kembali

 Mungkin masalahnya ada pada akun Google Anda. Dalam kasus ini, Anda dapat menghapus akun dari ponsel Anda dan kemudian menambahkannya kembali.

 Ini mungkin akan memperbaiki masalah apa pun yang terkait dengan akun Anda, dan berikut adalah cara Anda menghapus dan menambahkan kembali akun Anda:

1. Luncurkan Pengaturan, ketuk Akun, dan temukan serta pilih akun Google Anda dalam daftar.
2. Ketuk Hapus akun di layar berikut.
3. Setelah akun dihapus, buka Pengaturan > Akun dan ketuk Tambah akun untuk menambahkan kembali akun Google Anda.

Hapus Akun Google Anda Dan Tambahkan Kembali

Setel Ulang ke Pengaturan Pabrik Perangkat Anda

 Jika tidak ada yang berfungsi untuk memperbaiki kesalahan "Periksa Koneksi Anda dan Coba Lagi" di Play Store, solusi terakhir Anda adalah mengatur ulang perangkat Anda ke pengaturan pabrik.

 Ini akan menghapus semua data Anda termasuk pengaturan dan aplikasi Anda. Jika ada yang tidak beres di ponsel Anda, ini mungkin harus memperbaikinya.

 Sebelum Anda melanjutkan, pastikan untuk mencadangkan file penting Anda di perangkat Android Anda. Kemudian ikuti langkah-langkah reset ini:

1. Akses Pengaturan, ketuk Sistem, dan pilih Opsi reset.
2. Ketuk Hapus semua data (reset pabrik) untuk mulai mengatur ulang perangkat Anda.
3. Ikuti petunjuk di layar untuk mengatur ulang perangkat Anda.
4. Siapkan perangkat Anda dari awal.

Setel Ulang ke Pengaturan Pabrik Perangkat Anda

Membuat Google Play Store Dapat Diakses Lagi Di Android

 Google Play Store adalah tempat Anda mendapatkan sebagian besar aplikasi Anda, dan jika itu berhenti bekerja, Anda tidak bisa mendapatkan atau memperbarui aplikasi yang terpasang.

 Untungnya, solusi di atas akan membantu menyelesaikan masalah "Periksa Koneksi Anda dan Coba Lagi" sehingga Anda dapat terhubung ke toko dan mengakses item Anda. Mereka juga harus membantu menyelesaikan masalah koneksi internet lainnya yang Anda miliki di Android.

 Ada banyak jenis masalah yang dapat Anda temui saat menggunakan Google Play Store. Untungnya, Anda dapat memperbaiki sebagian besar masalah ini dengan menggunakan berbagai metode yang tersedia di luar sana. 

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki "Periksa Koneksi Anda dan Coba Lagi" di Google Play Store"